animasi bergerak gif
My Widget

Contoh Perintah Dasar C++

PENDEKLARASIAN KONSTANTA

#include <iostream.h>
#define potongan 0.1;
int main() {
const float hargaPerUnit = 2500;
int jumlahUnit;
float hargaTotal, hargaDiskon, diskon;
//pendeklarasian konstanta
cout << "Masukkan jumlah unit pembelian : ";
cin >> jumlahUnit;
hargaTotal = jumlahUnit * hargaPerUnit;
diskon = hargaTotal * potongan;
hargaDiskon = hargaTotal - diskon;
cout << "Total harga pembelian = " << hargaTotal <<
endl;
cout << "Diskon = " << diskon << endl;
cout << "Harga Diskon = " << hargaDiskon;
return 0;
}

PENGGUNAAN TYPE DATA STRUCT

#include <iostream.h>
int main() {
struct Guru {
char* NIP;
char* Nama;
char* Alamat;
};
// penggunaan type data struct
Guru A;

A.NIP = "132 232 477";
A.Nama = "Syafiq";
A.Alamat = "Perum. Dirgantara Permai";
// Menampilkan nilai yang diisikan ke layar
cout<<A.NIP<<endl;
cout<<A.Nama<<endl;
cout<<A.Alamat<<endl;
return 0;
}
 PENGGUNAAN TYPE DATA ENUM

#include <iostream.h>
enum JENIS_KELAMIN { Pria, Wanita };
int main() {
struct Guru {
char* NIP;
char* Nama;
JENIS_KELAMIN JK;
} A;
A.NIP = "132 232 477";
A.Nama = "Syafiq";
A.JK = Pria;
cout<<"NIP : "<<A.NIP<<endl;
cout<<"Nama : "<<A.Nama<<endl;
cout<<"Jenis Kelamin : "<<A.JK<<endl;
return 0;
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PERCABANGAN IF SEDERHANA

#include <iostream.h>
int main() {
int bil;
cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat : ";
cin>>bil;
// Melakukan pengecekan bilangan dengan operator modulus
if (bil % 2 == 0) {
cout<<bil<<" adalah bilangan genap" << endl;
} else {
cout<<bil<<" adalah bilangan ganjil" << endl;
}
return 0;
}
PENGGUNAAN STRUKTUR PERCABANGAN IF TIGA KONDISI

#include <iostream.h>
int main() {
int bil;
cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat : ";
cin>>bil;
if (bil > 0) {
cout<<bil<<" adalah bilangan POSITIF";
} else if (bil < 0) {
cout<<bil<<" adalah bilangan NEGATIF";
} else {
cout<<"ini bilangan NOL";
}
return 0;
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PERCABANGAN SWITH... CASE

#include <iostream.h>
int main() {
int bil;
cout<<"Masukkan sebuah bilangan (1 s/d 5) : ";
cin>>bil;
switch (bil) {
case 1 : cout<<"Bilangan anda adalah : SATU";
break;
case 2 : cout<<"Bilangan anda adalah : DUA";
break;
case 3 : cout<<"Bilangan anda adalah : TIGA";
break;
case 4 : cout<<"Bilangan anda adalah : EMPAT";
break;
case 5 : cout<<"Bilangan anda adalah : LIMA";
break;
default : cout<<"Anda memasukkan di luar batas";
}
return 0;
}
PENGGUNAAN STRUKTUR PENGULANGAN DENGAN FOR

#include <iostream.h>
int main() {
int C, J;
cout<<"Cetak angka dari kecil ke besar :"<<endl;
for (C=0; C<10; C++) {
cout<<C+1<<endl;
}
cout<<endl;
cout<<"Cetak angka dari besar ke kecil"<<endl;
for (J=10; J>0; J--) {
cout<<J<<endl;
}
return 0;
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PENGULANGAN DENGAN FOR BERSARANG

#include <iostream.h>
int main() {
for (int j=1; j<=4; j++) {
for (int k=1; k<=3; k++) {
cout<<k+j<<' ';
}
cout<<endl;
}
return 0;
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PENGULANGAN DENGAN WHILE SEDERHANA

#include <iostream.h>
int main() {
int C;
C = 1;     // inisialisasi nilai C
while (C<10) {
cout<<"Saya tidak nakal lagi"<<endl;
C++;
}
return 0;
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PENGULANGAN DENGAN WHILE BERSARANG

#include <iostream.h>
int main() {
int x, y;
x = 1; //inisialisasi variabel x
while (x<=4){
y = 1; //inisialisasi variabel y
while (y<=3){
cout<<y+x<<' ';
y++;
}
cout<<endl;
x++;
}
return 0;
}

PENGGUNAAN STRUKTUR PENGULANGAN DENGAN DO-WHILE

#include <iostream.h>
int main() {
int J = 5;
int K;
do {
K = 1;
do {
cout<<K*J<<' ';
K++;
} while (K <= J);
cout<<endl;
J--;
} while (J >= 1);
return 0;
}

PENGGUNAAN CIN DAN COUT
#include <iostream.h>
int main() {
int bil1, bil2;
//cin bagian satu
cout<<"Masukkan bilangan pertama : ";
cin>>bil1;
cout<<"Masukkan bilangan kedua : ";
cin>>bil2;
cout<<"Hasil kali kedua bilangan = "<<bil1*bil2<<endl;
//cin bagian dua
cout<<"Masukkan dua buah bilangan : ";
cin>>bil1>>bil2;
cout<<"Hasil kali kedua bilangan = "<<bil1*bil2<<endl;
return 0;
}

FUNGSI TANPA PENGEMBALIAN NILAI

#include <iostream.h>

// Membuat fungsi cetak angka
void CetakAngka() {
for (int C=0; C<10; C++) {
cout<<C+1<<endl;
}
}
// Fungsi utama dalam program C++
int main() {
// Memanggil fungsi CetakAngka
CetakAngka();
return 0;
}


FUNGSI DENGAN PENGEMBALIAN NILAI

#include <iostream.h>
// Membuat fungsi dengan nilai pengembalian tipe char
char* NilaiChar() {
return "Ini nilai yang akan dikembalikan";
}
// Fungsi utama
int main() {
// Memanggil dan menampilkan hasil fungsi
cout<< NilaiChar();
return 0;
}

FUNGSI DENGAN PARAMETER INPUT

#include <iostream.h>
// Membuat fungsi dengan parameter input
int Kuadrat(int X) {
int hasil;
hasil = X * X;
return hasil;
}
int main() {
int Bil, HASIL;
cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat : ";
cin>>Bil;
HASIL = Kuadrat(Bil); //memanggil fungsi kuadrat
cout<<"Kuadrat dari bilangan "<<Bil<<" adalah : "<<HASIL;
return 0;
}

FUNFSI DENGAN PARAMETER INPUT DAN OUTPUT

#include <iostream.h>
// Membuat fungsi dengan parameter input
int Kuadrat(int X, int *hasil) {
*hasil = X * X;
return *hasil;
}
int main() {
int Bil, HASIL;
cout<<"Masukkan sebuah bilangan bulat : ";
cin>>Bil;
// Menampilkan nilai setelah diproses di dalam fungsi
cout<<"Kuadrat dari bilangan "<<Bil<<" adalah : "<<Kuadrat(Bil, &HASIL);
return 0;
}

MENDEKLARASIKAN POINTER

#include <iostream.h>
int main() {
long *Alamat;
long X;
Alamat = &X;
X = 5; // Mengisikan nilai 5 ke dalam variabel X
cout<<"Nilai X : "<<X<<endl;
cout<<"Nilai *Alamat : "<<*Alamat<<endl;
cout<<"Nilai Alamat : "<<Alamat<<endl;
cout<<"Nilai &X : "<<&X<<endl;
*Alamat = 20; // Mengisikan nilai 20 ke dalam *Alamat
cout<<"Nilai X : "<<X<<endl;
cout<<"Nilai *Alamat : "<<*Alamat<<endl;
cout<<"Nilai Alamat : "<<Alamat<<endl;
cout<<"Nilai &X : "<<&X<<endl;
return 0;
}



PENDEKLARASIAN POINTER DENGAN NULL

#include <iostream.h>
int main() {
long *Alamat;
long *Alamat1;
Alamat = NULL;
cout<<"Alamat memori yang ditunjuk dengan NULL : "<<Alamat<<endl;
cout<<"Alamat memori yang ditunjuk tanpa NULL : "<<Alamat1<<endl;
return 0;
}

PENGGUNAAN NEW DAN DELETE

#include <iostream.h>
int main() {
int *Alamat;
// Melakukan alokasi memori
Alamat = new int;
// Menggunakan memori yang telah dialokasikan
*Alamat = 100;
cout<<"Nilai *Alamat : "<<*Alamat<<endl;
// membebaskan memori
delete Alamat;
return 0;
}

ARRAY SEDERHANA

#include <iostream.h>
int main() {
// deklarasi array A dengan 5 buah elemen bertipe int
int A[5];
cout<<"A[C]"<<" "<<"B"<<endl;
// Memasukkan nilai ke dalam elemen array
for (int C=0; C<5; C++) {
double B = 5;
A[C] = C;
B = A[C]/B;
cout<<A[C]<<" "<<B<<endl;
}
return 0;
}
DEKLARASI DENGAN INISIALISASI ARRAY

#include <iostream.h>
int main() {
// Deklarasikan dan inisialisasi array
char X[3] = { 'A', 'B', 'C' };
// Menampilkan nilai awal elemen array
cout<<"Nilai array awal"<<endl;
cout<<"X[0] = "<<X[0]<<endl;
cout<<"X[1] = "<<X[1]<<endl;
cout<<"X[2] = "<<X[2]<<endl;
// Mengubah elemen ke-1 dan ke-2
X[0] = 'G';
X[1] = 'H';
// Menampilkan nilai perubahan dari elemen array
cout<<"Nilai array setelah dirubah"<<endl;
cout<<"X[0] = "<<X[0]<<endl;
cout<<"X[1] = "<<X[1]<<endl;
cout<<"X[2] = "<<X[2]<<endl;
return 0;
}

DEKLARASI ARRAY MULTIDIMENSI

#include <iostream.h>
int main() {
// Deklarasi dan inisialisasi array multidimensi
int Matrik_A[3][2] = { {1,2}, {3,4}, {5,6} };
int Matrik_B[2][3] = { {1,2,3}, {4,5,6} };
// Mendeklarasikan variabel untuk indeks pengulangan
int j, k;
// Menampilkan nilai yang tersimpan dalam elemen array A
cout<<"ISI MATRIKS A"<<endl;
for (j=0; j<3; j++) {
for (k=0; k<2; k++) {
cout<<"Matrik A["<<j<<"]["<<k<<"] = "<<Matrik_A[j][k]<<endl;
}
cout<<endl;
}
// Menampilkan nilai yang tersimpan dalam elemen array B
cout<<"ISI MATRIKS B"<<endl;
for (j=0; j<2; j++) {
for (k=0; k<3; k++) {
cout<<"Matrik B["<<j<<"]["<<k<<"] = "<<Matrik_B[j][k]<<endl;
}
cout<<endl;
}
return 0;
}

DEKLARASI DAN PENGGUNAAN KELAS

#include <iostream.h>
class PersegiPanjang {
int x, y;
public:
void set_nilai (int,int);
int luas() {return (x*y);}
};
void PersegiPanjang::set_nilai (int a, int b) {
x = a;
y = b;
}
int main () {
PersegiPanjang pp1, pp2;
pp1.set_nilai (3,4);
pp2.set_nilai (7,12);
cout << "Luas pp1 : " << pp1.luas()<<endl;
cout << "Luas pp2 : " << pp2.luas()<<endl;
return 0;
}

CONSTRUCTOR DAN DESTRUCTOR

#include <iostream.h>
class PersegiPanjang {
int *panjang, *lebar;
public:
PersegiPanjang (int,int);
~PersegiPanjang ();
int luas () {return (*panjang * *lebar);}
};
PersegiPanjang::PersegiPanjang (int a, int b) {
panjang = new int;
lebar = new int;
*panjang = a;
*lebar = b;
}
PersegiPanjang::~PersegiPanjang () {
delete panjang;
delete lebar;
}
int main () {
PersegiPanjang pp1 (3,4), pp2 (5,6);
cout << "Luas pp1: " << pp1.luas() << endl;
cout << "Luas pp2: " << pp2.luas() << endl;
return 0;
}

PEWARISAN

#include <iostream.h>
class CPolygon {
protected:
int width, height;
public:
void set_values (int a, int b)
{ width=a; height=b;}
};
class CRectangle: public CPolygon {
public:
int area ()
{ return (width * height); }
};
class CTriangle: public CPolygon {
public:
int area ()
{ return (width * height / 2); }
};
int main () {
CRectangle rect;
CTriangle trgl;
rect.set_values (4,5);
trgl.set_values (4,5);
cout << rect.area() << endl;
cout << trgl.area() << endl;
return 0;
}
PENGGUNAAN FUNGSI FIRTUAL

#include <iostream.h>
class AnggotaSekolah {
char* nama;
char* alamat;
public:
void SetNama(char* N) {
nama = N;
}
void SetAlamat(char* A) {
alamat = A;
}
char* GetNama() {
return nama;
}
char* GetAlamat() {
return alamat;
}
// Membuat fungsi virtual
virtual void Bekerja() {
cout<<"Bekerja"<<endl;
}
virtual void Berpakaian() {
cout<<"Berpakaian"<<endl;
}
};
class Siswa: public AnggotaSekolah {
char* Jurusan;
char* Program;
int semester;
public:
void SetJurusan(char* J) {
Jurusan = J;
}
void SetProgram(char* P) {
Program = P;
}
void SetSemester(int smt) {
semester = smt;
}
char* GetJurusan() {
return Jurusan;
}
char* GetProgram() {
return Program;
}
int GetSemester() {
return semester;
}
// override pada fungsi Bekerja
void Bekerja() {
cout<<"Bekerja menuntut ilmu"<<endl;
}
// override pada fungsi Berpakaian
void Berpakaian() {
cout<<"Berpakaian seragam putih abu-abu"<<endl;
}
};
class Guru: public AnggotaSekolah {
char* jabatan;
char* keahlian;
public:
void SetJabatan(char* jbt) {
jabatan = jbt;
}
void SetKeahlian(char* khl) {
keahlian = khl;
}
char* GetJabatan() {
return jabatan;
}
char* GetKeahlian() {
return keahlian;
}
// override pada fungsi Bekerja
void Bekerja() {
cout<<"Bekerja mengajarkan ilmu"<<endl;
}
// override pada fungsi Berpakaian
void Berpakaian() {
cout<<"Berpakaian baju seragam dinas resmi"<<endl;
}
};
// Fungsi utama
int main() {
// instansiasi pada kelas AnggotaSekolah, Siswa dan Guru
AnggotaSekolah As;
Siswa Sw;
Guru Gr;
// Memanggil fungsi Bekerja dari masing-masing kelas
cout<<"Anggota sekolah sedang ";
As.Bekerja();
cout<<"Siswa sedang ";
Sw.Bekerja();
cout<<"Guru sedang ";
Gr.Bekerja();
cout<<'\n';
// Memanggil fungsi Berpakaian dari masing-masing kelas
cout<<"Anggota sekolah harus ";
As.Berpakaian();
cout<<"Siswa harus ";
Sw.Berpakaian();
cout<<"Guru harus ";
Gr.Berpakaian();
return 0;
}
PENERAPAN POLIMORFISME

#include <iostream.h>
class CPolygon {
protected:
int width, height;
public:
void set_values (int a, int b)
{ width=a; height=b; }
virtual int area (void) =0; //fungsi virtual murni
void printarea (void)
{ cout << this->area() << endl; }
};
class CRectangle: public CPolygon {
public:
// overriding fungsi area
int area (void)
{ return (width * height); }
};
class CTriangle: public CPolygon {
public:
// overriding fungsi area
int area (void)
{ return (width * height / 2); }
};
int main () {
CRectangle rect;
CTriangle trgl;
CPolygon *ppoly1 = &rect; // mendefinisikan obyek pointer
CPolygon *ppoly2 = &trgl; // mendefinisikan obyek pointer
ppoly1->set_values (4,5);
ppoly2->set_values (4,5);
ppoly1->printarea();
ppoly2->printarea();
return 0;
}
PROGRAM BANK SEDERHANA
#include <iostream.h>
void main (){
int menu;
float jml,setor,sisa,saldo_akhir;
const float saldo = 10000;
cout <<"--------------------------------------------------------------"<<endl;
cout <<" PT. BANK ABC "<<endl;
cout <<"--------------------------------------------------------------"<<endl;
cout <<"Saldo Anda        = "<<saldo;
cout <<endl;
cout <<"Menu Transaksi"<<endl;
cout <<"1. Setor Tabungan"<<endl;
cout <<"2. Ambil Tabungan"<<endl;
cout <<"3. Exit"<<endl;
cout<<"Pilih Menu (1/2/3) : "<<endl;
cin>>menu;
switch (menu) {
case 1 : cout <<"Masukan Jumlah Rupiah Yang Akan di Setor = "; cin>>setor; saldo_akhir = saldo + setor; cout << "saldo_akhir = " <<saldo_akhir;
break;
case 2 :cout <<"Masukan Jumlah Rupiah Yang Akan di Ambil ="; cin>>jml; if (jml <= 10000) { cout<<jml<<" Silahkan ambil uang anda" << endl;} else { cout<<jml<<" saldo tidak mencukupi" << endl; } sisa = saldo - jml; cout << "sisa = " <<sisa;
break;
case 3 :cout <<"Exit"<<endl;
break;
}
}



PROGRAM HARGA BARANG DAN DISKON
#include <iostream.h>
#define potongan 10/100;
void main ()
{
    int jb;
    float hargaTotal, hargabersih, diskon, hb;
    cout <<"masukan harga barang per unit         = ";
    cin >> hb;
    cout <<"masukan jumlah barang yang dibeli     = ";
    cin >> jb;
    cout <<"--------------------------------------------------------------"<<endl;
    hargaTotal = hb * jb;
    diskon = hargaTotal * potongan;
    cout << "Total harga sebelum diskon          = " << hargaTotal <<
    endl;
    cout << "Diskon = " << diskon << endl;
    cout <<"--------------------------------------------------------------"<<endl;
    hargabersih = hargaTotal - diskon;
    cout << "Harga Bersih                  = "<< hargabersih;
}

PROGRAM BANK SEDERHANA
#include <iostream.h>
void main (){
int menu;
float jml,setor,sisa,saldo_akhir;
const float saldo = 10000;
cout <<"--------------------------------------------------------------"<<endl;
cout <<" PT. BANK ABC "<<endl;
cout <<"--------------------------------------------------------------"<<endl;
cout <<"Saldo Anda      = "<<saldo;
cout <<endl;
cout <<"Menu Transaksi"<<endl;
cout <<"1. Setor Tabungan"<<endl;
cout <<"2. Ambil Tabungan"<<endl;
cout <<"3. Exit"<<endl;
cout<<"Pilih Menu (1/2/3) : "<<endl;
cin>>menu;
switch (menu) {
case 1 : cout <<"Masukan Jumlah Rupiah Yang Akan di Setor = "; cin>>setor; saldo_akhir = saldo + setor; cout << "saldo_akhir = " <<saldo_akhir;
break;
case 2 :cout <<"Masukan Jumlah Rupiah Yang Akan di Ambil ="; cin>>jml; if (saldo > 10000) { sisa = saldo - jml; cout << "sisa = " <<sisa; cout<<" Silahkan ambil uang anda" << endl;} else{ cout<<" saldo tidak mencukupi" << endl; };
break;
case 3 :cout <<"Exit"<<endl;
break;
}
}


Categories:

Leave a Reply